Pengobatan Tradisional China bagi Penyakit Diabetes

Diposting oleh ANDI , 27 Februari 2009












Laporan ilmiah tentang penelitian pengobatan tradisional Cina telah membawa manfaat bagi orang yang menderita diabetes tipe 2. Kerja sama para ilmuwan dari Cina, Korea, dan Australia di Institute Garvan Sydney telah menemukan bahwa suatu senyawa dari akar tanaman alami yakni berberine bisa memberikan perawatan yang efektif.

Berberine (C20H19NO5), suatu alkaloid berwarna kuning yang diproses dari akar tanam-tanaman obat, dan di Tiongkok telah lama digunakan untuk penyembuhan luka dan perawatan diare. Hal tersebut telah didokumentasikan dalam literatur Cina yang mempunyai pengaruh untuk menurunkan glukosa bagi penderita penyakit kencing manis; namun hingga sekarang cara kerjanya belum diketahui.

Ilmuwan Garvan, Dr Jiming Ye berkata: "Studi kita pada binatang sebagai model menunjukkan bahwa berberine bereaksi pada suatu bagian dengan mengaktifkan sebuah enzim di dalam otot dan hati yang meningkatkan kepekaan jaringan hormon insulin guna menurunkan kadar gula darah. Manfaat lainnya lagi, kelihatannya berberine benar-benar dapat membantu mengurangi berat badan".

Pengobatan yang ada sekarang bagi penderita diabetes tipe 2 yaitu metformin dan TZD bagi sejumlah besar pasien dapat menyebabkan tambahan berat badan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengembangkan terapi pengobatan baru untuk penyakit diabetes tipe 2, yang saat ini telah menjadi penyakit yang semakin banyak diderita orang.

"Berberine sudah digunakan untuk beberapa dekade, dengan efek samping yang sangat kecil. Dengan berbagai keterbatasan pengobatan yang selama ini ada, kita tertarik untuk membuktikan bahwa berberine bisa memberikan perawatan baru untuk membantu penderita diabetes tipe 2. Meskipun penggunaannya tersebar luas dalam praktek pengobatan tradisional Tiongkok, kita akan terus mengevaluasi uji klinis yang pasti,” kata Professor James, kepala Program Riset Diabetes & Obesity Garvan yang berprofesi juga sebagai asisten penulis laporan Diabetes.

Langkah selanjutnya adalah menyelidiki bagaimana cara berberine mengaktifkan enzim untuk mempengaruhi kepekaan hormon insulin ini. Berberine juga telah dilaporkan memiliki sifat anti mikroba, antitumor dan anti-inflamasi ketika diberikan melalui mulut.

Studi tentang Diabetes ini diterbitkan pada bulan Agustus. Judulnya adalah: "Berberine, suatu produk tanaman alami, mengaktifkan protein kinase AMP-activated bermanfaat bagi metabolisme penderita diabetes dan kondisi resistan insulin.”

Reference: http://www.sciencedaily.com/releases/2006/07/060731113333.htm

0 Response to "Pengobatan Tradisional China bagi Penyakit Diabetes"