MENGAPA SAYA SEORANG VEGETARIAN (2)

Diposting oleh ANDI , 09 Maret 2009

BAB II
Mencegah Pengrusakan Lingkungan Hidup

1. Perlindungan Air

Untuk Menghasilkan protein hewani diperlukan air 3-15 kali lebih banyak daripada protein nabati. Sebuah rumah jagal menghabiskan sebanyak 100 juta gallon air setiap hari, yang mana jumlah tersebut cukup untuk pemakaian 25.000 orang sehari. Di Amerika Serikat, 50% konsumsi air berakhir di peternakan, diperlukan 11.000 liter air untuk dapat menghasilkan setengah kilogram daging dan untuk memproduksi 1 pon kulit binatang dibutuhkan 2500 galon air. Bila dibandingkan dengan pertanian yang menghasilkan setengah kilogram gandum yang kebutuhan airnya hanya 110 liter, maka kita akan menyadari "Sungguh kegiatan perternakan adalah pemborosan sumber alam (air) yang teramat luar biasa.

2. Penyelamatan Hutan

Meningkatnya konsumsi daging telah mengakibatkan pembabatan hutan tropis secara besar-besaran untuk dibuat peternakan, dan akibat yang ditimbulkan adalah :
* Bahaya banjir dan tanah longsor
* Daur oksigen berkurang, karena tidak adanya pohon
* Meningkatnya pelepasankarbon ke udara dalam jumlah besar
* Meningkatnya erosi lapisan tanah yang subur hingga 85%
* Menimbulkan emisi CO2, dan resiko bumi terhadap pemanasan global yang serius, yang
menurut Dr. Paul Ehrlich sebagai "Bencana no. 2" Setelah perang nuklir.

3. Perlindungan Tanah

Hasil dari pertanian habis digunakan untuk makanan ternak. Padahal 15 juta anak-anak mengalami kelaparan di dunia. Karena 70% hasil pertanian digunakan sebagai rasum ternak. Bila hasil pertanian digunakan dengan efesien, maka lapisan tanah bagian atas (tanah gembut) secara otomatis berdaur dengan lebih efesien pula.

4. Pemakaian Hasil pertanian yang maksimal

Diperlukan lebig dari 16 pon kacang kedelai dan padi-padian untuk menghasilkan 1 pon daging sapi dan 3-6 pon untuk menghasilkan 1 pon daging babi. dengan memakan langsung padi-padian dang kacang-kacangan, kita mendayagunakan sumber penghasilan makanan dengan lebih baik. Kita tidak menunggu sampai padi-padian berubah menjadi daging dulu baru dimakan, karena ini akan memerlukan suatu proses alam dan memerlukan energi untuk proses tersebut.

5. Pencemaran Air Bersih

Kotoran yang dihasilkan seekor sapi dapat mencapai berat 9000 kiligram tiap tahunnya. Produksi kotoran binatang 20 kali lebih banyak daripada kotoran populasi AS. Dan ironisnya, banyak pabrik pengolah daging membuang puluhan ribu pon lemak, bangkai, jeroan, dan bumbu perasa ke dalam saluran pembuangan dan saluran air sungai. Akibatnya, kotoran binatang yang kaya akan nitrogen itu berubah menjadi amonia dan nitrat. Kedua senyawa ini merupakan sumber polusi bagi air minum manusia dan telah diketahui membahayakan bayi kerena dapat mengakibatkan kerusakan otak.

0 Response to "MENGAPA SAYA SEORANG VEGETARIAN (2)"